JudulIDENTIFIKASI KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MATEMATIKA SISWA KELAS VII SMP MUHAMMADIYAH DOLONG DENGAN MENGGUNAKAN GRADED RESPONSE MODELS (GRM) |
Nama: AFIFAH NURHIDAYANI |
Tahun: 2025 |
Abstrak Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi kemampuan berpikir kritis matematika siswa kelas VII SMP Muhammadiyah Dolong menggunakan Graded Response Models (GRM). Berpikir kritis merupakan kemampuan penting dalam pembelajaran matematika, karena membantu siswa menganalisis, mengevaluasi, dan menyelesaikan masalah secara logis. Data dikumpulkan melalui tes berbentuk esai dengan delapan soal, kemudian dianalisis menggunakan GRM. Hasil menunjukkan bahwa sebagian besar butir soal valid dan reliabel, dengan daya beda yang baik pada beberapa soal, seperti butir 2, 3, dan 4. Namun, terdapat beberapa butir dengan daya diskriminasi rendah atau negatif, seperti butir 7 dan 8, yang memerlukan revisi. Tes memberikan informasi yang moderat pada kemampuan sedang (? = 0) dengan nilai Test Information sebesar 1.77 dan Standard Error sebesar 0.75. Penelitian ini menegaskan pentingnya penggunaan GRM dalam mengevaluasi kemampuan berpikir kritis siswa, serta perlunya perbaikan pada butir soal yang kurang efektif. Kata Kunci: Graded Response Models (GRM), Berpikir Kritis, Butir Soal Uraian, Kemampuan Siswa |