JudulPENERAPAN COMBINED COMPROMISE SOLUTION (CoCoSo) METHOD DALAM PEMILIHAN MARKETPLACE TERBAIK PADA KALANGAN MAHASISWA FMIPA UNTAD |
Nama: LILLA UFILA |
Tahun: 2025 |
Abstrak Perkembangan teknologi, khususnya internet, telah mengubah pola hidup manusia dan mempengaruhi berbagai aspek kehidupan, termasuk kemajuan usaha. Survei Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia (APJII) menunjukkan adanya peningkatan jumlah pengguna pada tahun 2022-2024. Salah satu cara efektif mempromosikan usaha adalah melalui situs belanja online atau aplikasi marketplace, yang dapat memfasilitasi interaksi antara penjual dan pembeli tanpa pertemuan langsung. Generasi Z dan Milenial, mayoritas mahasiswa, berperan penting dalam tren belanja online. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui marketplace terbaik di kalangan mahasiswa FMIPA Untad menggunakan metode Combined Compromise Solution (CoCoSo), yang merupakan bagian dari sistem pendukung keputusan. Penelitian ini melibatkan 340 mahasiswa aktif melalui kuesioner. Hasil penelitian menunjukkan bahwa marketplace dengan peringkat tertinggi adalah Shopee dengan nilai preferensi sebesar (3,33), diikuti oleh Tokopedia dengan nilai preferensi sebesar (3,14), TikTok Shop dengan nilai preferensi sebesar (3,09), dan Lazada dengan nilai preferensi sebesar (1,32). |