JudulImplementasi Metode Fuzzy K-Nearest Neighbor Pada Data Akreditas Sekolah Menengah Atas Di Sulawesi Tengah |
Nama: MUH. ALIF ABADI |
Tahun: 2024 |
Abstrak Akreditasi sekolah merupakan faktor penting dalam menentukan kualitas pendidikan di suatu daerah. Sulawesi Tengah memiliki banyak Sekolah Menengah Atas (SMA) yang perlu dievaluasi untuk memastikan kualitas pendidikan yang optimal. Pada tahun 2021, di Sulawesi Tengah tercacat SMA yang terakreditas A sebanyak 69 sekolah, B sebanyak 103 sekolah dan C sebanyak 41 sekolah. Dalam penelitian ini mengimplementasikan metode Fuzzy K-Nearest Neighbor (FK-NN) untuk menganalisis data akreditasi SMA di Sulawesi Tengah. Metode ini dipilih karena kemampuannya dalam menangani data yang tidak pasti dan memberikan hasil yang lebih akurat dibandingkan metode KNN. Implementasi metode FKNN dilakukan dengan menggunakan data yang mencakup berbagai variabel penilaian akreditasi, seperti peserta didik, rombongan belajar, guru, pegawai, ruang kelas dan laboratorium. Hasil implementasi Dari hasil analisis diperoleh akurasi sebesar 82.05%, artinya metode Fuzzy K-Nearest Neighbor memiliki kinerja yang baik dalam mengklasifikasikan akreditas Sekolah Menengah Atas di Sulawesi Tengah. |