Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulIMPLEMENTASI METODE SEM-GSCA DALAM MENGANALISIS VARIABEL KEPUASAN DAN LOYALITAS PELANGGAN PADA GERAI ALFAMIDI DI DEWI SARTIKA ( KOTA PALU )
Nama: NUR AZIZAH PRAWESTY
Tahun: 2025
Abstrak
Persaingan bisnis di era globalisasi menuntut perusahaan menerapkan strategi pemasaran yang efektif untuk meningkatkan kepuasan dan loyalitas konsumen. Keunggulan pelayanan menjadi kunci daya saing, terutama dalam industri berorientasi konsumen. Penelitian ini menganalisis pengaruh produk, harga, lokasi, promosi, orang, bukti fisik, dan proses terhadap kepuasan dan loyalitas pelanggan gerai Alfamidi menggunakan metode Structural Equation Modeling - Generalized Structured Component Analysis (SEM-GSCA). Hasil menunjukkan bahwa produk, bukti fisik, dan promosi berpengaruh positif signifikan terhadap kepuasan pelanggan, sementara harga berpengaruh negatif. Lokasi, orang, dan proses memiliki pengaruh lemah atau tidak signifikan. Promosi juga terbukti berpengaruh positif terhadap loyalitas, menegaskan pentingnya strategi pemasaran dalam membangun kesetiaan pelanggan. Model SEM-GSCA yang digunakan telah memenuhi standar validitas dan reliabilitas, dengan nilai Goodness of Fit menunjukkan kecocokan model yang baik (GFI = 0,9565; SRMR = 0,0622; RMSEA = 0,067). Kata kunci: Kepuasan Konsumen, Loyalitas Konsumen, SEM-GSCA, Bauran Pemasaran, Alfamidi

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up