JudulImplementasi Algoritma ECLAT (Equivalence Class Transformation) Terhadap Data Penjualan Produk Pada Butik Inara Collection Palu |
Nama: WIDI ADRIANSYAH SAUDAH |
Tahun: 2023 |
Abstrak Bisnis fashion di Indonesia merupakan salah satu sektor industri yang berpotensi mendorong perekonomian. Banyaknya pusat-pusat perbelanjaan yang ada hampir disetiap kota di Indonesia menunjukkan bahwa bisnis fashion memang cukup menjanjikan. Salah satu cara untuk mengatasi persaingan adalah menemukan strategi dalam meningkatkan penjualan dengan mengetahui pola beli melalui analisa data transaksi penjualan sehingga dapat diperoleh strategi berupa pengaturan layout barang yang biasanya dibeli secara bersamaan atau dapat menimbulkan impuls buying. Data mining adalah proses mencari pola atau informasi menarik dalam data terpilih dengan menggunakan teknik Association rule. Sehingga dapat diketahui seberapa sering suatu item dibeli bersama-sama dalam suatu transaksi. Algoritma ECLAT digunakan untuk menemukan itemset yang paling sering muncul. Dari hasil penelitian diperoleh bahwa penerapan algoritma ECLAT dapat menemukan pola hubungan asosiasi barang serta dapat memberikan rekomendasi barang-barang apa saja yang paling banyak dibeli secara bersamaan oleh customer dengan kevalidan 20 rule diperoleh dengan titik optimum dari minimum support, minimum confidence dan jumlah transaksi masing-masing adalah 10%, 60?n 1509 transaksi penjualan. Kata Kunci: Transaksi Penjualan, Association Rule, Algoritma ECLAT |