Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulIMPLEMENTASI METODE MULTY ATRIBUTE UTILITY THEORY (MAUT) DALAM PEMILIHAN PENERIMA PROGRAM INDONESIA PINTAR PADA SISWA SEKOLAH DASAR GKST DI DESA WUASA KECAMATAN LORE UTARA
Nama: MEIYANG AUDINA PELURU
Tahun: 2024
Abstrak
ABSTRAK Pendidikan merupakan faktor penting dalam kehidupan, karena pendidikan mampu menciptakan manusia yang produktif dalam memajukan suatu Bangsa. Menyadari pentingnya pendidikan Pemerintah terus berupaya memenuhi hak setiap warga Negara dalam memperoleh layanan pendidikan melalui peningkatan kualitas pendidikan dengan Program Indonesia Pintar (PIP). PIP merupakan salah satu program Pemerintah sebagai Bantuan Siswa Miskin (BSM). Program Pemerintah ini berupa bantuan tunai yang diberikan kepada anak berusia 6-21 tahun yang masih berada pada dunia pendidikan. Pada saat ini penyeleksian di SD GKST Wuasa dari pihak sekolah kurang sasaran dimana tidak semua siswa dari keluarga miskin dapat menerima PIP. Untuk menghindari permasalahan yang ada, penyeleksian calon penerima Program Indonesia Pintar memerlukan sistem pengambilan keputusan. Pada penelitian ini untuk pengambilan keputusan tersebut digunakan metode Multy Attribute Utility Theory (MAUT) dengan Tujuan untuk mendapatkan keputusan mengenai prioritas penerima PIP. Hasil penelitian menunjukan bahwa penerima Program Indonesia Pintar di SD GKST Wuasa diprioritaskan kepada Gideon Yehuda Salae, kemudian disusul dengan Otniel Anugrah Leleng, Jonas Buntugau, sampai dengan cheryl Anastasya Gembu. Kata kunci : SD GKST Wuasa, Multi Attribute Utility Theory (MAUT), PIP

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up