JudulANALISIS KEPUASAN KONSUMEN MEMBELI HANDPHONE SAMSUNG DI BRAND STORE SAMSUNG KOTA PALU DENGAN PENDEKATAN PARTIAL LEAST SQUARE (PLS) |
Nama: AFRIZAL SONA |
Tahun: 2022 |
Abstrak Kepuasan konsumen adalah perasaan senang atau kecewa seseorang yang muncul setelah membandingkan antara persepsi atau kesan terhadap kinerja atau hasil suatu produk dan harapan-harapannya. Perkembangan handphone di Indonesia bahkan di dunia pun semakin pesat. Beberapa produsen handphone mampu membuat handphone yang dapat menjawab kebutuhan masyarakat. Kepuasan konsumen tidak dapat diukur secara langsung. Metode yang digunakan mengakomodasi permasalahan tersebut adalah Partial Least Square (PLS). PLS merupakan pendekatan yang lebih tepat untuk tujuan memprediksi, terutama pada kondisi dimana indikator bersifat formatif. Hasil penelitian ini menunjukkan nilai convergen validity atau nilai loading faktor pada variabel laten dengan variabel indikator nilai loading faktor > 0.7 dan pada inner model nilai T hitung > nilai T tabel adalah yaitu variabel karyawan, proses, performa kerja berpengaruh nyata olehnya yang harus dilakukan adalah meningkatkan kualitas karyawan, memperbaiki proses dalam melayani konsumen, meningkatkan performa kerja dari perusahaan terhadap kepuasan konsumen dalam membeli handphone Samsung di brand store Samsung kota palu. Kata Kunci: Kepuasan Konsumen, Partial Least Square, Brand Store Samsung |