JudulPenerapan Structural Equation Modeling (sem) Dalam Menganalisis Faktor-faktor Yang Mempengaruhi Minat Beli Konsumen Pada Situs E-commerce Shopee |
Nama: KURNIAWAN ADI WIBOWO |
Tahun: 2020 |
Abstrak Minat beli konsumen adalah sebuah perilaku konsumen dimana konsumen mempunyai keinginan dalam membeli atau memilih suatuproduk, menggunakan produk atau mengkonsumsi suatu produk. setiap tahun Indonesia mengalami peningkatan jumlah pembeli digital yang cukup signifikan, sehingga tidak heran saat ini di Indonesia semakin banyak e-commerce yang bermunculan salah satunya adalah Shopee. Minat beli konsumen tidak dapat diukur secara langsung. Metode yang digunakan mengakomodasi permasalahan tersebut adalah Structural Equation Modeling (SEM). SEM dapat digunakan untuk melihat besar kecilnya pengaruh baik langsung, tak langsung maupun pengaruh total variabel eksogen terhadap variabel endogen. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa faktor–faktor yang mempengaruhi minat beli konsumen pada situs e-commerse Shopee berdasarkan nilai CR ? 1,96 atau p-value ? 0,05 adalah promosi, citra merk, kualitas pelayanan dan kepercayaan. Kepercayaan dapat menjadi variabel intervening untuk mengetahui pengaruh antara promosi, citra merk dan kepuasan pelayanan terhadap minat beli konsumen pada situs e-commerse Shopee. |