JudulPENGELOMPOKAN SISWA BERDASARKAN JURUSAN DI SEKOLAH MENENGAH ATAS MENGGUNAKAN ALGORITMA K-MEANS |
Nama: OLVI ROTENG |
Tahun: 2019 |
Abstrak Proses penjurusan siswa di SMA adalah suatu tahap yang sangat penting dalam meningkatkan kemampuan belajar siswa dan merupakan hal yang wajib dalam dunia pendidikan. Penjurusan dilakukan sebagai upaya untuk membantu siswa dalam menfokuskan konsentrasi peguasaan materi disekolah. Penjurusan siswa dapat dilakukan dengan menggunakan metode K-Means. Metode K-Means merupakan salah satu metode data pengelompokan non hirarki yang berusaha mempartisi data kedalam kelompok sehingga data yang memiliki karakteristik yang sama dikelompokan kedalam satu cluster yang sama dan data yang memiliki karakteristik yang berbeda dikelompokan kedalam cluster yang lain. Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan hasil pengelompokan siswa dalam pemilihan jurusan di SMAN 1 Pamona Selatan. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini adalah 2 kelompok yg terdiri dari jurusan IPA sebanyak 74 individu dan jurusan IPS sebanyak 37 individu berdasarkan konstannya 2 nilai centroid pada iterasi ke-5. Kata kunci : clustering, k-means, data mining |