JudulANALISIS KONJOIN UNTUK MENGANALISIS PREFERENSI MAHASISWA STATISTIKA FMIPA UNTAD DALAM PEMILIHAN PRODUK BEDAK |
Nama: DIAN PERTIWI K |
Tahun: 2019 |
Abstrak Analisis konjoin adalah suatu teknik analisis yang dapat digunakan untuk menentukan tingkat kepentingan relatif berdasarkan persepsi pelanggan yang dibawa oleh suatu produk tertentu dan nilai kegunaan yang muncul dari atribut-atribut produk terkait. Dalam analisis konjoin, mula-mula responden dihadapkan dengan sekumpulan profil stimuli yang dirancang terlebih dahulu berdasarkan suatu tipe struktur faktorial. Pada tahap berikutnya, responden diminta memeringkatkan stimuli berdasarkan preferensinya. Pada penelitian ini, penerapan analisis konjoin full profile yaitu digunakan untuk melihat preferensi konsumen dalam memilih produk bedak. Preferensi konsumen berkaitan dengan latar belakang konsumen dalam memilih suatu produk bedak berdasarkan harga, model, aroma, dan jenisnya. Berdasarkan penelitian ini dapat disimpulkan bahwa konsumen menganggap jenis bedak lebih penting dibanding faktor lainnya dengan nilai importance 80,46%. Faktor yang paling tidak penting dalam pemilihan produk bedak adalah aromanya dengan nilai importance sebesar 19,54%. Berdasarkan hasil penelitian kombinasi yang paling disukai oleh konsumen adalah produk bedak dengan harga yang murah, model bulat, beraroma, dan jenis bedak padat dengan nilai kegunaan sebesar 1,232. Kata kunci : analisis konjoin, atribut, full profile, preferensi, produk bedak, stimuli |