Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulPengelompokkan Tingkat Kecanduan Game Online Menggunakan Metode K-means Clustering ( Studi Kasus : Smpn 16 Palu)
Nama: DELLA PUSPITA H.RAWAYOTI
Tahun: 2025
Abstrak
Perkembangan teknologi digital, khususnya internet, telah mendorong meningkatnya penggunaan game online di kalangan remaja dan menimbulkan kekhawatiran terhadap dampak kecanduan terhadap prestasi akademik. Penelitian ini bertujuan mengelompokkan tingkat kecanduan game online pada siswa SMPN 16 Palu menggunakan algoritma K-Means Clustering serta menghitung korelasi antara tingkat kecanduan dan prestasi akademik dengan nilai rapor. Data dikumpulkan dari 156 siswa berdasarkan durasi bermain, level tertinggi dalam game, dan nilai raport. Proses Clustering menghasilkan tiga kategori, ringan 79 siswa, sedang 31 siswa, dan berat 46 siswa. Untuk mengetahui hubungan antara tingkat kecanduan dan prestasi akademik, dilakukan analisis menggunakan korelasi Speraman Rank yang menunjukan adanya hubungan negatif antara tingkat kecanduan dan prestasi akademik (r = -0,437997), yang berarti semakin tinggi kecanduan, semakin rendah nilai siswa. analisis juga menunjukan dominasi siswa laki-laki pada cluster sedang dan berat serta dominasi siswa perempuan pada cluster ringan. Kata kunci: kecanduan game online, K-Means Clustering, prestasi akademik,durasi bermain, level tertinggi

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up