JudulPengambilan Alternatif Keputusan Pembelian Masker Menggunakan Metode SMART (Studi Kasus: Mahasiswa Matematika FMIPA Untad) |
Nama: NURUL FATMA |
Tahun: 2023 |
Abstrak Masker digunakan untuk mencegah orang sakit agar tidak menulari orang lain melalui droplet atau semprotan cairan dari mulut atau hidung. Masker yang beredar di pasaran beragam, sehingga banyak konsumen yang mempertimbangkan untuk memilih masker yang dibeli. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penyebab konsumen memutuskan membeli suatu barang dengan melihat berbagai kriteria dalam marketing mix. Oleh karena itu, perlunya suatu sistem keputusan alternatif prioritas dalam memilih masker sesuai dengan marketing mix. Salah satu metode untuk menentukan pilihan prioritas adalah Simple Multi Attribute Rating Technique (SMART). Metode SMART terdiri dari beberapa kriteria terbobot yang digunakan untuk mengevaluasi setiap pilihan untuk mendapatkan pilihan terbaik. Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa variabel keputusan pembelian masker dengan urutan pertama berdasarkan citra merek, urutan kedua harga, urutan ketiga kualitas produk, urutan keempat ketersediaan barang, urutan kelima kenyamanan, urutan keenam desain produk, dan urutan terakhir yaitu warna produk. Kata kunci : Alternatif, Keputusan Pembelian, Masker, SMART |