Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulAnalisis Pengaruh Marketing Mix Berbasis Media Sosial Untuk Meningkatkan Omset Penjualan Pada Usaha Butik Menggunakan Model Regresi Linear Berganda
Nama: NELSI OLIVIANA PETA
Tahun: 2023
Abstrak
Perkembangan usaha butik yang sangat cepat membuat persaingan di dunia bisnis butik begitu pesat sehingga mendorong pelaku bisnis melakukan berbagai strategi untuk menarik konsumen dalam meningkatkan omzet penjualan. Salah satu strategi yang dilakukan dalam menjangkau lebih banyak konsumen dan meningkatkan omzet penjualan adalah menerapkan strategi marketing mix berbasis media sosial. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh marketing mix (produk, harga, promosi, tempat, orang-orang, proses, bukti fisik) berbasis media sosial terhadap omzet penjualan usaha butik. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif dengan metode regresi linear berganda. Penelitian dilakukan di Kota Palu Sulawesi Tengah dengan menjangkau butik yang terdata dalam Dinas UMKM Kota Palu yaitu sebanyak 40 butik. Berdasarkan proses pengujian mengunakan Uji Regresi Linear Berganda dengan Uji Sumultan (F) dan Uji Parsial (T), hasil penelitian yang diperoleh secara simultan menunjukkan adanya pengaruh marketing mix berbasis media sosial instagram sebesar 69.305. Sedangkan secara parsial diketahui bahwa dari ketujuh variabel atau elemen marketing mix berbasis media sosial Instagram hanya 3 variabel yang berpengaruh signifikan terhadap omzet penjualan dilihat dari nilai secara berurutan yaitu promosi (4,137 > 2,0369), produk (4,119 > 2,0369), dan orang-orang (2,363 > 2,0369). Kata Kunci : Butik, Marketing Mix, Omzet Penjualan Regresi Linear Berganda

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up