Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulMenentukan Kepuasan Pelanggan Kartu Prabayar Telkomsel Menggunakan Algoritma Naive Bayes ( Studi Kasus: Mahasiswa Fakultas Matematika Dan Ilmu Pengetahuan)
Nama: NIRWANA S. MANGIL
Tahun: 2024
Abstrak
Tingginya kebutuhan manusia akan telekomunikasi mendorong perusahaan operator seluler untuk menghadirkan layanan komunikasi yang cepat dan tak terbatas oleh ruang dan jarak. Hal tersebut yang mendorong perusahaan operator seluler di Indonesia untuk memberikan yang terbaik bagi pelanggan melalui fasilitas pelayanan yang ditawarkan seperti yang dilakukan Telkomsel. Penelitian bertujuan mendapatkan gambaran kepuasan pelanggan kartu prabayar Telkomsel dengan menggunakan algoritma Naïve Bayes pada mahasiswa FMIPA Universitas Tadulako. Data yang digunakan pada penelitian ini sebanyak 96 data yang dibagi menjadi 72 data training dan 24 data testing. Hasil penelitian data menunjukkan bahwa 8 Mahasiswa menyatakan tidak puas dan 16 mahasiswa menyatakan puas terhadap kartu prabayar Telkomsel, dengan tingkat akurasi sebesar 95,83?n error sebesar 4,17%. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan algoritma Naive Bayes dapat digunakan untuk menentukan kepuasan pelanggan kartu prabayar. Penelitian ini berpotensi menghasilkan bias karena data yang digunakan tidak representatif terhadap populasi dan tidak dilakukan stratifikasi. Akibatnya, hasil penelitian ini menjadi terbatas dan tidak dapat mewakili populasi. Kata Kunci :Algoritma Naive Bayes, Kartu Prabayar Telkomsel, KepuasanPelanggan

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up