JudulPenerapan Algoritma Apriori Untuk Mendapatkan Pola Kombinasi Pembelian Pupuk Sebagai Strategi Dalam Pemasaran (Studi Kasus : Toko Pertanian Kharisma Tani) |
Nama: ANDI AGUNG SITI ATIKAH |
Tahun: 2024 |
Abstrak Toko Pertanian Kharisma tani merupakan salah satu penyedia pupuk nonsubsidi. Toko ini menggunakan data transaksinya hanya sebagai arsip atau untuk pembuatan laporan penjualan saja. Padahal data transaksi dapat digunakan untuk pengambilan keputusan dalam strategi pemasaran. Penelitian ini bertujuan memanfaatkan data transaksi untuk mendapatkan pola kombinasi pembelian pupuk menggunakan teknik Association Rule dengan Algoritma Apriori. Dari hasil penelitian didapatkan 12 aturan asosiasi yaitu jika membeli Gandasil B, maka membeli Gandasil D; jika membeli Gandasil B, maka membeli KCL; jika membeli Gandasil D, maka membeli Gandasil B; jika membeli Npk 16.16.16, maka membeli Gandasil B; jika membeli Npk 16.16.16, maka membeli Urea; jika membeli Urea, maka membeli Npk 16.16.16; jika membeli Urea, maka membeli ZA; jika membeli ZA, maka membeli Gandasil B; jika membeli ZA, maka membeli Urea; jika membeli KCL, maka membeli Gandasil B; jika membeli Phonska plus, maka membeli KCL; dan jika membeli Mkp pak tani, maka membeli Urea. Kata kunci : Algoritma Apriori, Assosiation Rule, Data Transaksi, Pola Pembelian, Pupuk |