JudulMembangun Sistem Antrian Sepeda Motor Pada Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum ( Studi Kasus SPBU Jl. Kartini Palu ) |
Nama: RAMDANI |
Tahun: 2020 |
Abstrak Abstrak Dengan meningkatnya jumlah produksi sepeda motor, kebutuhan akan bahan bakar akan semakin meningkat. Hal ini dapat menimbulkan antrian panjang di SPBU. Untuk mencegahnya perlu dilakukan analisis mengenai antrian pada SPBU. Pada penelitian ini, dilakukan analisis teori antrian yang sesuai dengan model antrian yang diterapkan pada SPBU Jl. Kartini Palu yaitu Model Antrian Jalur Berganda, dimana terdapat lebih dari satu jalur fasilitas dan hanya ada satu tahapan pelayanan yang harus dilalui oleh pelanggan. Hal ini bertujuan untuk menganalisis jumlah jalur fasilitas yang optimal dan kinerja pelayanan pada tingkat optimal dengan pendekatan kuantitatif. Hasil dari penelitian pada SPBU Jl. Kartini Palu menunjukkan bahwa pada keadaan bukan jam sibuk, jumlah jalur fasilitas yang digunakan sebanyak 2 jalur fasilitas sudah baik, namun tidak pada keadaan jam sibuk yaitu periode jam 16.00-18.00. Berdasarkan perhitungan dengan menambahkan 1 jalur fasilitas pada periode jam sibuk yaitu menjadi 3 jalur fasilitas, dapat menghasilkan jumlah jalur fasilitas yang optimal dan kinerja pelayanan pada tingkat optimal. |