Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulPENERAPAN ALGORITMA FISHER YATER SHUFFLE DALAM PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN KIMIA BERBASIS ANDROID MENGGUNAKAN PENDEKATAN STEAM UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA SMA NEGERI 3 PALU JURUSAN ILMU PENGETAHUAN ALAM
Nama: ANDI MAHA IZZAH GHAZWANI
Tahun: 2025
Abstrak
Kimia adalah salah satu mata pelajaran dengan tingkat kompleksitas tinggi yang sering menjadi tantangan bagi siswa untuk dipahami. Di SMA Negeri 3 Palu, metode pembelajaran konvensional seperti ceramah dan latihan soal menyebabkan siswa cenderung pasif, sulit memahami konsep, dan kehilangan minat belajar. Berdasarkan data, nilai rata-rata siswa pada mata pelajaran kimia hanya mencapai 44%, menunjukkan perlunya inovasi dalam proses pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan aplikasi pembelajaran kimia berbasis Android yang menerapkan pendekatan STEAM (Science, Technology, Engineering, Art, and Mathematics) serta menggunakan algoritma Fisher Yates Shuffle untuk mengacak soal secara optimal. Pendekatan ini bertujuan untuk mengintegrasikan konsep-konsep akademis dengan aplikasi dunia nyata, sehingga meningkatkan relevansi dan minat belajar siswa. Aplikasi ini dirancang sebagai media pembelajaran yang interaktif dan menarik, menggabungkan elemen visual, animasi, dan pengacakan soal untuk memfasilitasi pemahaman konsep-konsep kimia. Hasil dari penelitian ini berupa aplikasi yang tidak hanya mampu meningkatkan minat belajar siswa tetapi juga memberikan fleksibilitas dan interaktivitas yang lebih baik dibandingkan metode pembelajaran konvensional. Penggunaan teknologi dan pendekatan pembelajaran inovatif diharapkan dapat memberikan kontribusi signifikan dalam mendukung proses pembelajaran kimia di SMA Negeri 3 Palu.

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up