Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulDigitalisasi Pembelajaran Budaya Sulawesi Tengah Melalui Augmented Reality Menggunakan Metode Marker-Based Tracking
Nama: MUHAMMAD TAUFIK SALEH
Tahun: 2024
Abstrak
Sulawesi Tengah memiliki warisan budaya yang beragam, namun perkembangan teknologi menimbulkan tantangan baru dalam mempertahankan minat generasi muda terhadap budaya lokal. penelitian ini mengembangkan aplikasi pembelajaran budaya berbasis Augmented Reality (AR) dengan metode Marker Based Tracking untuk siswa di SDN Inpres 2 Tanamodindi untuk menghadapi tantangan tersebut. Aplikasi "Mari Berbudaya" dirancang untuk meningkatkan minat siswa terhadap budaya lokal dengan menyediakan pengalaman belajar yang interaktif dan inovatif melalui teknologi AR. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan metode prototyping. Hasil pengujian black box menegaskan bahwa semua fungsi utama aplikasi berfungsi dengan baik, sementara distance testing menunjukkan bahwa marker dapat terdeteksi optimal hingga jarak 1 meter. Evaluasi kuesioner pada siswa menghasilkan skor keseluruhan 89?ngan klasifikasi sangat layak. Sehingga dari keseluruhan evaluasi aplikasi "Mari Berbudaya" ternyata efektif meningkatkan minat dan pemahaman siswa terhadap kebudayaan Sulawesi Tengah, melalui teknologi AR.

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up