JudulIMPLEMENTASI MARKER-BASED TRACKING DENGAN AUGMENTED REALITY SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN TATA SURYA (STUDI KASUS : SD INPRES 1 TALISE) |
Nama: LENA KERIANTI |
Tahun: 2024 |
Abstrak Tata surya merupakan salah satu pelajaran IPA yang diajarkan kepada siswa, khususnya siswa sekolah dasar, namun saat ini materi tentang topik tersebut masih dalam bentuk buku atau gambar 2D, sehingga siswa harus membayangkan seperti apa sistem pada tata surya. Penelitian ini bertujuan untuk mengimplementasikan Augmented Reality ke dalam media pembelajaran tata surya untuk memudahkan siswa/siswi SD Inpres 1 Talise dan menambah ketertarikan mereka dalam memahami sistem tata surya. AR memungkinkan pengguna untuk melihat objek virtual 2D atau 3D yang diproyeksikan ke dunia nyata, menciptakan lingkungan belajar yang lebih interaktif di mana siswa dapat berinteraksi langsung dengan objek di dunia maya. Aplikasi media pembelajaran ini menampilkan objek 3D susunan tata surya dan penjelasannya. Aplikasi dibangun untuk perangkat mobile bersistem operasi Android dengan metode Marker-Based Tracking yang memanfaatkan penanda untuk melacak dan menampilkan objek virtual dalam dunia AR. Hasil penelitian yang diharapkan sesuai dengan hasil yang telah diperoleh, aplikasi yang dibangun dapat berjalan dengan baik disetiap fiturnya dan dapat mempermudah siswa untuk mempelajari Tata Surya yang lebih interaktif. Kata Kunci - Augmented Reality, Tata Surya, Marker-Based Tracking |