JudulPEMANFAATAN TEXT MINING DENGAN METODE COSINE SIMILARITY DAN PEMBOBOTAN TF-IDF DALAM PENILAIAN ESAI OTOMATIS (STUDI KASUS SMK NEGERI 3 PALU) |
Nama: ANFASA ADE FATRA |
Tahun: 2024 |
Abstrak Penilaian pembelajaran merupakan proses pengumpulan dan pengolahan informasi untuk mengukur pencapaian hasil belajar siswa. salah satu tugas guru untuk menilai pengetahuan yang diperoleh siswa dalam proses pembelajaran. Penggunaan teknologi informasi dalam penilaian pembelajaran menjadi perhatian utama, Salah satu penerapan teknologi informasi dalam evaluasi pembelajaran adalah pelaksanaan ujian online menggunakan computer. Dengan memanfaatkan perkembangan teknologi, penelitian ini bertujuan untuk membangun sistem penilaian essai otomatis dengan pemanfaatakn text mining dengan metode TF-IDF untuk memberikan bobot frekuensi hubungan pada kemunculan suatu kata (term) di dalam perhitungan jawaban esai. Metode Cosine Similarity digunakan sebagai metode perbandingan dalam mengetahui seberapa besar kemiripan antara jawaban siswa dan jawaban guru. Metode Pengembangan sistem dalam penelitian ini adalah metode prototype dengan Teknik pengumpulan data yang teridiri wawancara, observasi dan studi literatur. Hasil dari penelitian ini adalah sebuah sistem penilaian esai otomatis dengan pemanfaatan text mining menggunakan metode cosine similarity dan TF-IDF. pengujian sistem yang dilakukan pada penelitian ini menggunakan metode Mean Absolute Error (MAE) dan Pearson Correlation. Kata kunci: Cosine Similarity, Pembobotan TF-IDF, Ujian Esai, Text Mining, Penilaian Otomatis |