JudulRANCANG BANGUN APLIKASI VIRTUAL TOUR MENGGUNAKAN UNREAL ENGINE 5 BERBASIS DESKTOP STUDI KASUS LINGKUNGAN FAKULTAS TEKNIK UNIVERSITAS TADULAKO |
Nama: MOHAMMAD FAHRI WINATA |
Tahun: 2025 |
Abstrak Perkembangan teknologi yang pesat telah membawa perubahan signifikan dalam berbagai bidang, termasuk dalam penyediaan media interaktif untuk pembelajaran dan eksplorasi lingkungan secara virtual. Penelitian ini bertujuan untuk merancang dan membangun aplikasi Virtual Tour berbasis desktop menggunakan Unreal Engine 5 dengan studi kasus lingkungan Fakultas Teknik Universitas Tadulako. Aplikasi ini dikembangkan untuk membantu mahasiswa baru dan masyarakat umum dalam mengenal lingkungan fakultas tanpa harus hadir secara fisik. Metode pengembangan yang digunakan adalah prototyping, dengan tahapan analisis kebutuhan, perancangan konsep, pembuatan prototipe, pengujian, serta implementasi aplikasi. Pengujian performa menunjukkan bahwa jumlah sumber cahaya dalam lingkungan virtual mempengaruhi kinerja aplikasi, terutama dalam aspek frame per second (FPS) dan rendering time. Hasil evaluasi pengguna menunjukkan bahwa 83% responden merasa puas dengan aplikasi ini dan menyatakan akan merekomendasikannya kepada orang lain. Meskipun demikian, masih ditemukan beberapa kendala teknis, seperti pengelolaan memori yang belum optimal, yang dapat menyebabkan aplikasi mengalami force close pada penggunaan jangka panjang. Oleh karena itu, optimasi lebih lanjut diperlukan agar aplikasi dapat berjalan lebih stabil dan efisien. |