JudulSENTIMENT ANALYSIS UNTUK MENGETAHUI HUBUNGAN ANTARA TINGKAT ELEKTABILITAS BERDASARKAN KEPUASAN KINERJA DAN POPULARITAS CALON PRESIDEN 2024 |
Nama: AMALIA |
Tahun: 2024 |
Abstrak Abstrak—Presiden Indonesia saat ini telah memegang jabatan yang sama selama 2 periode secara berturut – turut yang mana pada dasar peraturan untuk menjadi calon presiden sudah tidak bisa mencalonkan kembali menjadi presiden, dalam hal itu banyak lembaga survei yang telah mengeluarkan hasil survei terhadap beberapa tokoh yang memiliki elektabilitas untuk bisa menjadi calon presiden, Salah satu hal yang mempengaruhi peningkatan elektabilitas yaitu popularitas. Kepopuleran seseorang menjadi faktor penting untuk maju dalam kontestasi Pemilu. berdasarkan hal tersebut juga banyak masyarakat yang menyampaikan pendapat pro dan kontra, dari pendapat tersebut bisa dibuat kesimpulan mengenai sentimen warga masyarakat terhadap suatu tokoh bakal calon presiden tersebut. Data yang digunakan adalah data dari media sosial twitter yang diambil dengan teknik scrapping data dengan memanfaatkan library selenium. Data hasil scrapping kemudian memasuki tahap preprocessing sebelum dapat digunakan ke dalam pemodelan sistem. Sistem ini dibangun menggunakan bahasa python dengan menggunakan Jupyter Notebook. serta diterapkan algoritma Naive Bayes Classifier untuk mengklsifikasikan opini publik ke dalam kelas positif dan negatif. Metode pengujian yang digunakan ialah confusion matrix yang menghasilkan nilai accuracy dari model sebesar 79% pada keyword kebijakan dan 78% pada keyword nama calon. Hasil penelitian divisualisasikan ke dalam WordCloud, serta Bartchart. Kata Kunci— Analisis Sentimen, Elektabilitas, Pemilihan umum, Naive bayes Classifier, Lexicon Based |