JudulAUGMENTED REALITY PADA MEDIA PEMBELAJARAN PENGENALAN TARIAN DAN ALAT MUSIK TRADISIONAL SULAWESI TENGAH |
Nama: NURUL CESAR ARDAYANTI |
Tahun: 2024 |
Abstrak Dalam era digital, penggunaan teknologi mobile dan Augmented Reality (AR) semakin populer, terutama dalam pendidikan. Namun, salah satu tantangan dalam pendidikan saat ini adalah meningkatkan minat dan motivasi siswa dalam belajar, terutama di era digital yang dipengaruhi oleh teknologi. Penelitian ini mengusulkan pengembangan aplikasi pembelajaran berbasis Android yang menggunakan teknologi Augmented Reality sebagai solusi inovatif untuk memperkenalkan budaya lokal Sulawesi Tengah dengan cara yang menarik dan efektif. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengatasi masalah kurangnya minat belajar siswa di SD 14 Banawa Loli Dondo, Sulawesi Tengah, serta memperkenalkan dan melestarikan budaya tarian dan alat musik tradisional Sulawesi Tengah dengan metode marker-based tracking. Melalui penggunaan teknologi Augmented Reality, aplikasi ini memungkinkan siswa untuk menggabungkan dunia fisik dengan elemen digital, seperti gambar, teks, suara, video, atau animasi, menciptakan pengalaman belajar yang interaktif dan menyenangkan. Selain membantu siswa memahami konsep tarian dan alat musik tradisional Sulawesi Tengah, aplikasi ini juga mendukung efektivitas dan kegembiraan dalam pengajaran bagi guru. Fitur kuis yang menggunakan Algoritma Fisher-Yates Shuffle meningkatkan interaksi dengan aplikasi. Metode penelitian menggunakan Historical Research (Penelitian Sejarah) untuk memahami dan menganalisis peristiwa, fenomena, atau topik dalam konteks sejarah. Teknik pengumpulan data meliputi Observasi, Studi Literatur, dan wawancara untuk mengumpulkan narasi, pendapat, dan pengalaman dari partisipan. Kata kunci : Augmented reality, Tarian & Alat musik Tradisional, Marker Based Tracking, Fisher Yates Shuffle. |