Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulRANCANG BANGUN APLIKASI AUGMENTED REALITY PENGENALAN RAMBU LALU LINTAS MENGGUNAKAN METODE USER DEFINED TARGET (STUDI KASUS : SATLANTAS POLRES PALU DAN SMP NEGERI 4 PALU)
Nama: I GUSTI NGURAH PUTU SATYA WIBAWA
Tahun: 2024
Abstrak
Untuk menjalani kehidupan yang layak, pengetahuan adalah pelengkap penting bagi diri sendiri yang harus dimiliki oleh setiap orang. Rambu lalu lintas merupakan salah satu mata pelajaran yang masih sangat sedikit diajarkan di antara sekian banyak bidang ilmu pengetahuan. Meningkatnya pelanggaran dan kecelakaan lalu lintas di Indonesia menjadi bahan evaluasi bahwa penting pengetahuan sejak dini tentang kegunaan setiap rambu lalu lintas. Augmented Reality merupakan perkembangan teknologi dari Virtual Reality konsep untuk menciptakan augmented reality yang memungkinkan adanya interaksi antara dunia nyata dan dunia virtual. Tren budaya saat ini yang terkait erat dengan teknologi khususnya Android smartphone membuatnya lebih cocok sebagai media pembelajaran. Berdasarkan data statistik yang tersedia di situs resmi Korlantas Polri, grafik angka kecelakaan akhir tahun 2022 dari Januari hingga September mencapai 94,6 ribu kasus, dengan 19.054 korban jiwa. Terdapat hampir 70,2 ribu kasus, meningkat 34,6 persen dari waktu yang sama di tahun sebelumnya. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk membuat aplikasi augmented reality yang memperkenalkan rambu lalu lintas dan menggunakan metode User Defined Target sebagai alat pengajaran untuk membantu orang mempelajari dan memahami rambu lalu lintas. Teknik pengujian alfa testing dan beta testing digunakan dalam pengujian sistem. Kata kunci : User Defined Target, Augmented Reality, Android, Rambu Lalu Lintas

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up