JudulMEDIA ALAT BANTU PROMOSI GALERI PRODUK UKM RUMAH BUMN TELKOM PALU MENGGUNAKAN AUGMENTED REALITY BERBASIS ANDROID |
Nama: ANANDA PUSPITASARI |
Tahun: 2023 |
Abstrak Salah satu strategi dalam mempertahankan dan mengembangkan suatu usaha bagi suatu perusahaan atau organisasi dalam masa pandemic Covid-19 yaitu dengan cara melakukan promosi. Agar promosi dilakukan tepat guna maka perlu adanya penetapan segmentasi pasar yang akan dimasuki karena banyaknya pelanggan, sangat berpencar dan tersebar serta bervariatif dalam tuntutan dan keinginannya. Saat ini kemajuan di bidang teknologi informasi mampu memberikan inovasi baru dalam dunia periklanan. Teknologi yang menggabungkan benda maya dua dimensi maupun tiga dimensi ke dalam sebuah lingkungan nyata. Apabila digunakan untuk promosi, maka mampu memberikan pengalaman tersendiri bagi calon konsumen suatu produk. Maka dari itu penulis membuat sebuah aplikasi yang mampu membantu UKM dalam mempromosikan produk jualan menggunakan animasi 3D. tujuan penelitian adalah untuk menghasilkan media promosi produk UKM menggunakan teknologi Augmented Reality. Jenis penelitian yang digunakan adalah data kualitatif. Hasil penelitian menunjukan dari total 18 responden dengan jenjang usia 30-40 tahun. Dan rata-rata variable kualitas system adalah 4,4, variable kualitas informasi 4,49, dan variable kepuasaan pengguna 4,38. Sehingga dapat disimpulkan bawha aplikasi ini sangat efektif dan user friendly. Kata kunci— Teknologi Augmented Reality, Media Promosi Produk, UKM |