JudulPengembangan Media Pembelajaran Berbasis Augmented Reality Pada Mata Pelajaran PAI Materi Wudhu Di TK IT Al-Qolam Palu |
Nama: DWIE FAJAR FEBRILISTYAS |
Tahun: 2023 |
Abstrak Pada masa pandemi anak-anak sering belajar dirumah dan biasanya orangtua memberikan pembelajaran wudhu secara berulang-ulang dengan mencontohkan dalam kehidupan sehari-hari sehingga membuat anak terbiasa namun pada kenyataannya banyak orangtua yang kurang mengajarkan wudhu kepada anak-anak dikarenakan kesibukkan orangtua dan keterbatasan waktu dengan adanya pekerjaan rumah maupun kantor. Maka dari itu penulis membuat sebuah aplikasi yang mampu membantu anak didik di Tkit Al-Qolam dalam membangun imajinasi belajar mereka melalui pengembangan media pembelajaran mata pelajaran PAI materi wudhu menggunakan gambar 3D. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menghasilkan media pembelajaran PAI materi wudhu menggunakan teknologi Augmented Reality. Jenis penelitian yang di gunakan adalah data kualitatif dan data kuantitatif. Hasil penelitian menunjukan dari total 30 responden dimana 20 anak dengan jenjang usia dini sebelumnya rata-rata pengetahuan responden tentang cara wudhu adalah 6,06?pat naik menjadi 91,33?ngan selisih 84,75% sehingga dapat disimpulkan bahwa aplikasi Wudhu Yuk efektif dalam menjadi media simulasi belajar tata cara wudhu. |