JudulPENERAPAN MEDIA PEMBELAJARAN SISTEM PENCERNAAN DALAM TUBUH MANUSIA MENGGUNAKAN AUGMENTED REALITY UNTUK SEKOLAH DASAR NEGERI 26 PALOPO KELAS V |
Nama: WICHAK ADJI NUGROHO HERI |
Tahun: 2025 |
Abstrak Perkembangan teknologi informasi dan komunikasi yang pesat telah membawa perubahan besar dalam berbagai bidang, termasuk pendidikan. Salah satu teknologi yang berkembang signifikan adalah Augmented Reality (AR), yang memungkinkan integrasi objek maya dua atau tiga dimensi ke dalam dunia nyata secara real-time. Dalam dunia pendidikan, AR berpotensi menjadi media pembelajaran yang lebih interaktif dan menarik dibandingkan media konvensional seperti buku teks atau gambar dua dimensi. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran berbasis Augmented Reality dalam materi sistem pencernaan manusia bagi siswa Sekolah Dasar Negeri 26 Pettene Palopo kelas V. Penggunaan AR dalam pembelajaran memungkinkan siswa untuk memahami sistem pencernaan secara lebih visual dan mendalam, sehingga meningkatkan minat dan pemahaman mereka terhadap materi yang diajarkan. Selain itu, AR juga membantu guru dalam menyampaikan materi dengan cara yang lebih inovatif dan efektif. Dengan adanya teknologi ini, diharapkan proses pembelajaran menjadi lebih interaktif dan menyenangkan, serta mampu memberikan pengalaman belajar yang lebih nyata bagi siswa. Penerapan media pembelajaran berbasis AR ini menjadi salah satu inovasi dalam dunia pendidikan yang dapat menunjang peningkatan kualitas pembelajaran, terutama dalam memahami konsep-konsep kompleks seperti sistem pencernaan manusia. Kata Kunci: Augmented Reality, Media Pembelajaran, Sistem Pencernaan, Pendidikan Dasar, Interaktif. |