JudulGAME EDUKASI BAHASA KAILI BERBASIS MOBILE DENGAN MENGGUNAKAN ALGORITMA FISHER-YATES SHUFFLE |
Nama: BAGUS TRI YUDISTIRA |
Tahun: 2024 |
Abstrak Abstrak— Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman Bahasa kaili dengan game edukasi. Data atau objek penelitian ini merupakan siswa-siswi SDN Inpres Buluri. Metode pengembangan sistem yang digunakan adalah metode prototype dan algoritma Fisher-Yates Shuffle untuk pengacakan soal dan kata. Hasil implementasi dari algoritma fisher-yates shuffle pada game ini adalah soal kuis yang keluar teracak, dan kata yang akan disusun juga teracak posisinya sehingga soal dan kata yang keluar berbeda dan pengguna tidak mudah untuk menebak soal yang akan keluar berikutnya. Kesimpulannya, game ini berjalan dengan baik terbukti dengan pengujian blackbox, dan algoritma yang diterapkan juga berhasil dan terbukti dengan 10 kali percobaan hasil yang ditunjukkan memiliki urutan yang bervariasi setiap memulai game atau memasuki level. Kata kunci : Game Kuis, Unity 3D, Fisher-Yates Shuffle, Android, C# Abstract— The purpose of this study is to enhance understanding of the Kaili language through an educational game. The data or research subject consists of students from SDN Inpres Buluri. The system development method used in this study is the prototype method, and the Fisher-Yates Shuffle algorithm is employed to randomize questions and words. The implementation result of the Fisher-Yates Shuffle algorithm in this game produces randomized quiz questions and randomized word positions for arrangement. This ensures that the questions and words that appear are different each time, making it difficult for users to predict the next question. In conclusion, the game operates effectively as demonstrated by blackbox testing, and the applied algorithm has proven successful through 10 trial runs, showcasing varied sequences upon starting the game or entering a level. Keywords : Quiz Game, Unity 3D, Fisher-Yates Shuffle, Android, C# |