Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulPENERAPAN DATA MINING UNTUK MENENTUKAN STRATEGI PROMOSI BUNDLING MENGGUNAKAN ALGORITMA FP-GROWTH (STUDI KASUS SWALAYAN CEMARA SUPERMART)
Nama: AHMAD RIZKI FAUZI
Tahun: 2025
Abstrak
Tingkat persaingan dalam dunia bisnis menuntut setiap pemasar untuk mampu melaksanakan kegiatan pemasarannya dengan lebih efektif dan efisien. Kegiatan pemasaran tersebut membutuhkan sebuah konsep pemasaran yang mendasar sesuai dengan kepentingan pemasar dan kebutuhan serta keinginan pelanggan/konsumen. Tujuan dari penelitian ini yaitu meningkatkan efektifitas strategi promosi melalui implementasi sistem yang terkomputerisasi untuk memastikan kestabilan arus perputaran barang tanpa harus membebani biaya gudang dan pemetaan strategi promosi melalui pengelolaan data belanja konsumen. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah Data primer dan data sekunder. Teknik Pengumpulan data berupa studi pustaka, observasi dan wawancara. Dalam Penelitian ini Peneliti menggunakan Metode penelitian Kuantitatif yaitu Penelitian dengan menggunakan metode statistik yang mengukur pengaruh antara dua variabel atau lebih. Algoritma yang digunakan adalah Algoritma Fp-Growth untuk menentukan strategi promosi bundling. Tahapan penelitian ini dimulai dengan mengindentifikasi masalah, merumuskan solusi, pengumpulan data, perancangan dan desain sistem, pengembangan sistem, penerapan metode fp-growth, penerapan association rule, pembuatan bundling, dan pengujian sistem. Kata Kunci : Data mining, Fp-growth, Bundling, pemasaran.

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up