JudulSistem Monitoring Perkembangan Belajar Dan Penjurusan Siswa Sekolah Menengah Atas Menggunakan Algoritma C4.5 Berbasis Web (Studi Kasus : SMA Negeri 1 Tolitoli) |
Nama: MOH. IQBAL BAIHAQI |
Tahun: 2025 |
Abstrak ABSTRAK Kurangnya keterlibatan orang tua dalam memantau kemajuan belajar anak di sekolah serta proses Penjurusan yang kurang efektif dan efisien menjadi kendala terhadap mutu pendidikan terutama dalam hal prestasi siswa. Penelitian ini bertujuan untuk membangun sistem monitoring perkembangan belajar siswa berbasis web dan SMS gateway yang dapat membantu pihak sekolah dan orang tua dalam memantau proses belajar siswa serta mendukung proses penjurusan siswa secara objektif. Sistem ini dirancang menggunakan bahasa PHP dengan framework Laravel dan basis data MySQL, serta menerapkan metode algoritma C4.5 dalam menentukan jurusan siswa. Hasil pengujian sistem menggunakan pengujian Blackbox menunjukkan bahwa sistem berjalan dengan baik secara fungsional, serta diterima dengan baik oleh pengguna berdasarkan UAT (User Acceptance Test). Penerapan algoritma C4.5 pada sistem berhasil memprediksi jurusan siswa dengan akurasi klasifikasi yang cukup tinggi yaitu sebesar 82,35%. Dengan adanya sistem ini, orang tua siswa menjadi lebih terlibat dalam memantau kemajuan belajar siswa di sekolah dan membantu pihak sekolah dalam menentukan jurusan siswa secara efektif. Kata Kunci : Sistem Monitoring, Penjurusan Siswa, Algoritma C4.5, Website, SMS Gateway. ABSTRACT The lack of parental involvement in monitoring children's learning progress at school and the less effective and efficient alignment process are obstacles to the quality of education, especially in terms of student achievement. This research aims to build a web-based student learning progress monitoring system and SMS gateway that can help schools and parents in monitoring the learning process of students and support the process of student alignment objectively. This system is designed using the PHP language with the Laravel framework and MySQL database, and applies the C4.5 algorithm method in determining student majors. The results of system testing using Blackbox testing show that the system runs well functionally, and is well received by users based on UAT (User Acceptance Test). The application of the C4.5 algorithm in the system successfully predicts student majors with a fairly high classification accuracy of 82.35%. With this system, parents become more involved in monitoring students' learning progress at school and help schools in determining students' majors effectively. Keywords: Monitoring System, Student Majoring, C4.5 Algorithm, Website, SMS Gateway. |