Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulIMPLEMENTASI ALGORITMA APRIORI UNTUK MENENTUKAN POLA PEMBELIAN PRODUK OLEH KONSUMEN DI SWALAYAN
Nama: FITRIYANI TAZKIA AMALIA
Tahun: 2025
Abstrak
Keberadaan swalayan yang terus mengalami peningkatan membuat para pengelola terus berupaya dalam memikirkan strategi pemasaran yang baik dan dapat mempengaruhi minat konsumen dalam berbelanja. Salah satu swalayan yang ada di kawasan perumahan palupi yaitu Swalayan Amar. Swalayan Amar dapat menghasilkan ratusan transaksi setiap bulannya, dengan memanfaatkan data transaksi yang banyak ini pihak manajemen dapat mengetahui kebiasaan pelanggan atau perilaku pelanggan mengenai produk apa saja yang sering dibeli secara bersamaan. Cara mengetahui barang barang yang sering dibeli secara bersamaan ialah dengan menggunakan aturan asosiasi, yaitu sebuah teknik data mining untuk menemukan suatu kombinasi item. Proses pencarian asosiasi menggunakan bantuan algoritma apriori dapat menghasilkan sebuah pola kombinasi item dan rules. Hasil penelitian ini berupa aplikasi untuk menganalisa pola belanja yang mana pola yang dihasilkan dapat dijadikan rekomendasi dalam menentukan strategi penjualan serta penempatan barang. Kata kunci : Algoritma Apriori, Aturan Asosiasi, Pola Pembelian

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up