Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulRANCANG BANGUN GAME EDUKASI KUIS HUKUM BACAAN TAJWID DALAM AL-QUR’AN MENGGUNAKAN ALGORITMA FISHER – YATES SHUFFLE BERBASIS ANDROID
Nama: M. ALDI APRIANTO
Tahun: 2024
Abstrak
ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan mengenai hukum bacaan tajwid pada Al-Qur’an kepada warga kompleks perumahan Bandara Mutiara Sis Al- Jufrie Palu. Metode pengembangan sistem yang digunakan adalah metode prototype dan algoritama Fisher-Yates Shuffle untuk pengacakan soal. Hasil implementasi dari algoritma fisher-yates shuffle pada game ini adalah soal kuis yang tampil akan teracak posisinya sehingga soal yang keluar akan berbeda- beda dan pengguna tidak mudah untuk menebak soal yang akan keluar berikutnya. Kesimpulannya, game ini berjalan dengan baik terbukti dengan pengujian blackbox, algoritma yang diterapkan juga berhasil dan terbukti dengan 10 kali percobaan hasil yang ditunjukkan memiliki urutan yang bervariasi setiap memulai game atau memasuki level. Kata kunci: Game Kuis, Unity 3D, Fisher-Yates Shuffle, Android, C# ABSTRACT This research aims to increase knowledge regarding the law of reading recitation of the Koran to residents of the Palu Mutiara Sis Al-Jufrie Airport housing complex. The system development method used is the prototype method and the Fisher-Yates Shuffle algorithm for randomizing questions. The result of implementing the Fisher- Yates Shuffle algorithm in this game is that the quiz questions that appear will be randomly positioned so that the questions that come out will be different and it is not easy for users to guess which question will come up next. In conclusion, this game runs well as proven by black box testing, the algorithm applied is also successful and proven by 10 trials, the results shown have a varying order every time you start the game or enter a level. Keywords: Quiz Game, Unity 3D, Fisher-Yates Shuffle, Android, C#

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up