JudulImplementasi Algoritma Naive Bayes Classifier Untuk Mengetahui Tingkat Kepuasan Pelanggan Pada Penggunaan Aplikasi Tagihan Container (Studi Kasus PT. Maju Transpor Catur Perkasa) |
Nama: NADILA SAFITRI |
Tahun: 2023 |
Abstrak Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kepuasan pelanggan dalam menggunakan aplikasi Penagihan Kontainer Demurrage di PT. Maju Transpor Catur Perkasa dengan menggunakan algoritma Naive Bayes Classifier. PT. Maju Transpor Catur Perkasa adalah perusahaan pengiriman laut yang berdiri sejak 1996. Dalam era teknologi modern, persaingan di dunia bisnis semakin ketat, sehingga perusahaan harus mengetahui tingkat kepuasan pelanggan agar tetap mempertahankan jumlah sewa kontainer dan mencegah pelanggan beralih ke perusahaan lain. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif dengan menggunakan data ulasan dan penilaian pelanggan di aplikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa algoritma Naive Bayes Classifier efektif dengan tingkat akurasi sebesar 83,09%. Berdasarkan hasil penelitian, disarankan agar perusahaan lebih memperhatikan kebutuhan dan umpan balik pelanggan untuk meningkatkan kualitas layanan. Kata Kunci: Naive Bayes, Kepuasan Pelanggan, Klasifikasi, Container, Sistem. |