Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
Judul IMPLEMENTASI ALGORITMA FAST CORNER DETECTION DENGAN MARKER BASED TRACKING PADA APLIKASI PENGENALAN BASIC BOXING MOVES BERBASIS AUGMENTED REALITY MELALUI MOBILE (STUDI KASUS: NAKUA FIGHTING CLUB PALU)
Nama: FARNLY STEFAN CUNGALIWA
Tahun: 2024
Abstrak
Boxing merupakan salah satu olahraga seni bela diri yang dikembangkan dari Karate dengan gerakan-gerakan dasar yang mengandalkan pukulan dan tendangan. Banyaknya pelatih dan jumlah member yang tidak seimbang menyebabkan proses pelatihan yang kurang efektif. Walaupun pada tempat pelatihan (Nakua Fighting Club Palu) sudah disediakan buku panduan, hal tersebut masih kurang efektif dalam mengatasi masalah yang didalami. Oleh karena itu, dibuatlah sistem pembelajaran yang lebih interaktif menggunakan Augmented Reality. Tujuan penelitian ini adalah mengimplementasikan Augmented Reality kedalam sebuah aplikasi dengan memanfaatkan fitur deteksi sudut dari FAST Corner Detection sehingga proses pelatihan di Nakua Fighting Club bisa lebih efektif serta meningkatkan pengalaman pengguna dalam menggunakan aplikasi Augmented Reality. Teknik pengumpulan data yang meliputi studi literatur, observasi dan wawancara langsung dengan pihak Nakua Fighting Club sesuai dengan pengujian yang juga melibatkan pengguna secara langsung melalui distribusi kuesioner yang akan dijadikan komponen evaluasi aplikasi. Hasil yang didapatkan pelatihan lebih efektif dengan pengujian fungsionalitas sistem adalah 80, dan nilai tertinggi adalah 96,67, rata-rata yang diperoleh dari kuisioner metode UAT (User Acceptance Test) adalah 88,2?n masuk dalam interval 80% - 100% yaitu “Sangat Setuju (SS)”. Hasil yang didapatkan untuk pengujian pemahaman juga meningkat, dengan rata-rata nilai Pretest dan Posttest 17,14% meningkat jadi 90,47?ngan selisih 73,33% menggunakan metode One Group Pretest-Posttest Design

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up