Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulGAME EDUKASI SEJARAH PENJAJAHAN SAMPAI KEMERDEKAAN INDONESIA DENGAN ALGORITMA FISHER YATES SHUFFLE BERBASIS MOBILE
Nama: DIGIT MARSSHAL ASSAH
Tahun: 2023
Abstrak
Peristiwa penjajahan sampai kemerdekaan Indonesia memiliki ‘segudang’ sejarah dan pembelajaran berharga bagi penerus bangsa. Pentingnya nilai-nilai sejarah perjuangan sebagai pembelajaran mendorong pendidikan Indonesia untuk menyertakan materi sejarah penjajahan dan kemerdekaan kedalam pendidikan formal di Sekolah Dasar. Namun dalam penyampaian materi, anak-anak Sekolah Dasar menganggap proses pembelajaran membosankan karena metode pembelajaran yang bersifat konvensional. Melihat masalah tersebut, penulis berinisiatif membuat media pembelajaran dalam bentuk game yang bisa interaktif dan eduktatif. Hasil penelitian yang dilakukan adalah membangun sebuah produk aplikasi game quiz untuk perangkat smartphone Android dengan tambahan algoritma Fisher Yates Shuffle (FYS) untuk mengacak urutan soal dan karakter jawaban dari kuis. Game ini selanjutnya diuji oleh responden yaitu pihak guru dan siswa kelas V SD Negeri 1 Tatura. Hasil pengujian fungsionalitas melalui angket menunjukan bahwa 90,56% responden menganggap game ini menarik, dan uji pengetahuan sejarah penjajahan pada siswa menunjukan nilai dari 34% sebelum menggunakan game meningkat menjadi 80% yang artinya membaik.

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up