JudulMEDIA PEMBELAJARAN BAHASA INGGRIS BERBASIS AUGMENTED REALITY DENGAN PENDEKATAN MODEL TARGET TRACKING |
Nama: GUNAWAN MULYADI |
Tahun: 2024 |
Abstrak Dalam belajar bahasa inggris sering kali siswa merasa kesulitan dalam membaca dan menulis kosa kata, karena dalam bahasa inggris cara penulisan berbeda dengan pengucapannya. Siswa juga merasa bosan dengan kegiatan belajar dengan metode yang monoton.Augmented reality merupakan teknologi yang dapat menggabungkan objek maya dengan dunia nyata secara realtime. Model target tracking adalah metode pemindaian yang melacak objek tanpa marker. Penelitian ini bertujuan menghasilkan media pembelajaran yang menarik dan menguji keefektifannya terhadap pengalaman dan hasil belajar siswa. Jenis penelitian yang digunakan yaitu kuantitatif pre-eksperimental dengan metode pengembangan model waterfall. Hasil pretest dan posttest, kenaikan nilai mencapai 42% pada test pertama dan 1% pada test kelima.Nilai pretest pertama yaitu 45 naik menjadi 65. Pada tes akhir, nilai 97 menjadi 98.Hasil pengujian menggunakan System Usability Scale diperoleh nilai rata-rata sebesar 91 dengan grade A dan predikat "Excellent" atau "Sangat Baik".Analisis pengukuran pengalaman belajar menggunakan User Experience Questionnaire mendapatkan nilai diatas 0,8 pada setiap kategori. Daya tarik (2,44). Kejelasan (2,29). Efisiensi (2,37). Ketepatan (2,25). Stimulasi (2,14) dan kebaruan (2,03).Hasil evaluasi tersebut mengindikasikan bahwa media pembelajaran bahasa inggris berbasis augmented reality dengan metode model target tracking memiliki potensi positif sebagai media pembelajaran dalam meningkatkan pengalaman dan hasil belajar siswa. Kata Kunci : Augmented Reality, Test, Model Target Tracking, System Usability Scale, User Experience Questionnaire. |