JudulSISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN KEPUASAN PASIEN TERHADAP PELAYANAN MENGGUNAKAN METODE PREFERENCE SELECTION INDEX (PSI) STUDI KASUS: PUSKESMAS TAWAELI |
Nama: FEIN DWI MUHAMMAD |
Tahun: 2024 |
Abstrak Tingkat kepuasan pasien dan pelayanan kesehatan yang secara umum diselenggarakan oleh Puskesmas meliputi pelayanan kuratif (pengobatan), preventif (upaya pencegahan), promotif (peningkatan kesehatan) dan rehabilitasi. Dengan adanya puskesmas, setidaknya dapat menjawab kebutuhan pelayanan masyarakat yang memadai yaitu pelayanan kesehatan yang mudah dijangkau. Tujuan yang ingin dicapai pada penelitian ini adalah mengimplementasikan metode Preference Selection Index dalam sebuah sistem yang akan dibuat agar dapat mengetahui kepuasaan pasien serta mempermudah pengolahan data pada Puskesmas Tawaeli sebagai sarana dalam mempermudah pihak Puskesmas. Metode Preferences Selection Index (PSI) merupakan metode untuk memecahkan multikriteria pengambilan keputusan (MCDM). Dalam metode yang diusulkan itu tidak perlu menetapkan kepentingan relatif antara atribut. Bahkan, tidak ada kebutuhan komputasi bobot atribut yang terlibat dalam pengambilan keputusan dalam metode ini. Dalam memenuhi tingkat pelayanan kepuasan pasien di Puskesmas Tawaeli, terdapat beberapa kendala berupa keluhan pasien mengenai pelayanan di Puskesmas Tawaeli diantaranya adalah kurangnya kotak saran yang terdapat di Puskesmas dan keterbatasan dokter spesialis. Maka, akan dikembangkan sistem pendukung keputusan yang dirancang untuk memenuhi tingkat kepuasan pelayanan pasien yang terdapat di Puskesmas Tawaeli dengan menggunakan metode PSI. Kata Kunci – Kepuasan; Puskesmas; Pasien; Pelayanan; Preference Selection Index (PSI). The level of patient satisfaction and health services generally provided by Community Health Centers include treatment services, prevention efforts, health improvement and rehabilitation. With the existence of a community health center, it can answer the needs of adequate community services, namely health services that are easily accessible. The aim of this research is to implement the Preference Selection Index method in a system to determine patient satisfaction and simplify data processing at the Tawaeli Community Health Center. The Preferences Selection Index method is a method for solving multi-criteria decision making. In the proposed method it is not necessary to assign relative importance between attributes. In fact, there is no need to compute attribute weights involved in decision making in this method. In meeting the level of patient satisfaction service at the Community Health Center, there are several obstacles in the form of patient complaints regarding the services at the Community Health Center, including the lack of a suggestion box at the Community Health Center and the limited number of specialist doctors. Therefore, a decision support system will be developed which is designed to meet the level of patient service satisfaction at the Tawaeli Community Health Center using the PSI method. Keywords – Satisfaction 1; Puskesmas 2; Patient 3; Services 4; Preference Selection Index (PSI) 5. |