Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulImplementasi Algoritma Apriori Untuk Mencari Pola Pembelian Produk Pada Toko (Studi Kasus : Toko Rama)
Nama: FIKRIA MUH RAIS
Tahun: 2024
Abstrak
Strategi pemasaran produk secara manual seringkali tidak memiliki acuan yang jelas dan hanya berdasarkan perkiraan, sehingga promosi menjadi tidak tepat sasaran dan biaya promosi terbuang sia-sia. Untuk mendukung strategi pemasaran yang lebih efektif, perusahaan perlu memanfaatkan teknologi komputasi dengan menggunakan data transaksi penjualan yang tersimpan. Data ini dapat dimanfaatkan untuk meningkatkan penjualan melalui strategi promosi yang lebih tepat sasaran. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Algoritma Apriori. Algoritma ini digunakan untuk mencari pola pembelian produk pada toko memanfaatkan data transaksi penjualan dengan tujuan untuk memberikan saran persediaan produk yang lebih akurat dan membantu toko dalam menganalisis pasar serta kebutuhan pelanggan. Penelitian ini bertujuan untuk menemukan pola pembelian produk yang dapat digunakan untuk meningkatkan penjualan dan mempertahankan pelanggan. Dengan memanfaatkan data historis penjualan, toko dapat melakukan promosi dan pemaketan diskon dengan lebih baik dan tepat sasaran. Hasil pengujian menunjukkan bahwa nilai minimum support sebesar 10?n confidence sebesar 50?pat menghasilkan aturan yang kuat meskipun jumlahnya sedikit. Semakin tinggi nilai minimum support dan minimum confidence, semakin kuat aturan yang dihasilkan, namun jumlahnya lebih sedikit. Sebaliknya, jika nilai minimum support dan minimum confidence rendah, maka aturan yang dihasilkan semakin lemah. Kata kunci— Algoritma Apriori, data mining, data transaksi penjualan, strategi pemasaran.

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up