JudulIMPLEMENTASI DATA MINING UNTUK MENENTUKAN POLA BELANJA PELANGGAN MENGGUNAKAN ALGORITMA APRIORI (STUDI KASUS : TOKO RENDI GROSIR) |
Nama: AFRIADI |
Tahun: 2024 |
Abstrak Data mining adalah proses yang menggunakan teknik statistik, matematika, kecerdasan buatan dan machine learning untuk mengekstraksi dan mengidentifikasi informasi yang bermanfaat dan pengetahuan yang terkait dari berbagai database besar. Dalam penelitian ini. Penulis menggunakan algoritma Apriori yang diterapkan ke dalam data mining, Algorima apriori adalah salah satu algoritma dalam data mining yang paling terkenal dalam menemukan pola data atau pola kemunculan. Penelitian ini bertujuan mengimplementasikan data mining untuk menentuka pola belanja pelanggan menggunakan algoritma apriori. Toko merupakan sebuah pusat perbelanjaan yang mengisi kebutuhan masyarakat selain itu, Toko juga menyediakan barang yang dibutuhkan oleh penjual kecil-kecilan atau eceran. yang mana dalam sehari dapat menghasilkan ratusan transaksi yang berarti bahwa data pembelian semakin bertambah dan semakin menumpuk namun data-data ini tidak berguna jika tidak diolah lagi untuk mendapatkan pengetahuan yang terdapat dalam data tersebut serta banyaknya barang membuat pengelolah kadang kesulitan dalam menata barang sehingga barang tersebut justru tidak terletak pada tempat yang seharusnya, Sehingga menyebabkan konsumen kesulitan dalam mencari barang yang diperlukan, Hal ini yang menjadi masalah utama dan pembahasan dalam penelitian ini. Tujuan yang ingin dicapai pada penelitian ini adalah untuk mengimplementasikan algoritma apriori untuk menentukan pola belanja pelanggan sehingga dapat meningkatkan strategi penjualan. Kata kunci - Toko, Data mining, Apriori. |