JudulPENDUKUNG MEDIA PEMBELAJARAN PENGENALAN HEWAN BERDASARKAN JENIS MAKANANNYA MENGGUNAKAN TEKNOLOGI AUGMENTED REALITY UNTUK SEKOLAH DASAR |
Nama: HALISA MUTMAINNAH |
Tahun: 2024 |
Abstrak Pengenalan hewan berdasarkan jenis makanannya merupakan salah satu sub tema pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA). Pada Madrasah Ibtidaiyah Negeri 1 Kota Palu, pembelajaran pengenalan hewan berdasarkan jenis makannya masih menggunakan media berupa buku cetak yang di dalamnya berisi gambar hewan dua dimensi beserta penjelasannya. Hal tersebut tidak dapat memberikan visualisasi nyata mengenai bentuk hewan dan tidak meningkatkan minat dan motivasi anak dalam belajar. Seringkali anak cepat bosan, sehingga tidak fokus pada pembelajaran. Tujuan Penelitian ini adalah membuat media pembelajaran pengenalan hewan berdasarkan jenis makanannya menggunakan teknologi augmented reality untuk sekolah dasar dalam membantu siswa belajar. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan melakukan wawancara dan observasi yang dilakukan di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 1 Kota Palu. Penelitian ini menggunakan metode markerbased Tracking. Algoritma yang akan digunakan adalah FAST (Feature from Accelerated Segment Test) Corner Detection. Rencana pengujian sistem meliputi pengujian blackbox, pengujian beta testing berupa pre test dan post test serta menggunakan System Usability Scale untuk mengukur tingkat usability (kegunaan) pada suatu produk. Kata kunci: Augmented Reality, Pengenalan Hewan, Sekolah Dasar, FAST Corner Detection, Marker Based Tracking dan Pendukung Media Pembelajaran |