Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulPENGENALAN RUMAH ADAT INDONESIA SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN MENGGUNAKAN METODE MARKER BASED TRACKING DENGAN PEMANFAATAN AUGMENTED REALITY BERBASIS ANDROID PADA SD NEGERI 7 TAIPA KOTA PALU
Nama: MOHAMMAD TRI PUTRA
Tahun: 2023
Abstrak
Pembelajaran seni budaya dan prakarya yang dilakukan di SD Negeri 7 Taipa saat ini kurang efektif di karenakan metode pembelajaran yang digunakan masih menggunakan media buku cetak dan juga poster. Hal ini menyebabkan pengalaman belajar siswa menjadi kurang maximal yang berdampak pada rendahnya nilai dari siswa. Selain itu hal ini juga menjadi indikasi bahwa pemahaman siswa terhadap keanekaragaman budaya khususnya rumah adat menjadi kurang. Oleh karena itu, pada penelitian ini diusulkan pengembangan sebuah teknologi pembelajaran berbasis aplikasi augmented reality untuk menunjang proses pembelajaran seni budaya dan prakarya. Untuk meningkatkan pengalaman belajar, aplikasi yang diusulkan dapat menampilkan informasi berupa object 3D, teks penjelasan, suara penjelasan dan juga video penjelasan dari masing-masing rumah adat yang terdapat pada pembelajaran seni budaya dan prakarya. Penelitian ini dilakukan dengan 2 metode pengujian yaitu pengujian beta testing dan juga pengujian system usability scale (SUS), yang dimana pengujian beta testing digunakan untuk mengukur tingkat pemahaman siswa sebelum dan sesudah menggunakan aplikasi, sedangkan untuk pengujian system usability scale (SUS) digunakan untuk mengukur tingkat kepuasan pengguna aplikasi. Berdasarkan pengujian beta testing tingkat pemahaman siswa naik hingga 55%, dan berdasarkan pegujian system usability scale (SUS) atau kepuasan pengguna didapatkan hasil akhir sebesar 86%.

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up