JudulIMPLEMENTASI DATA MINING UNTUK MENENTUKAN POLA BELANJA PELANGGAN MENGGUNAKAN ALGORITMA APRIORI (STUDI KASUS : SEJAHTERA MART MAKALE) |
Nama: DEFRILIA TARUK LAMBA' |
Tahun: 2022 |
Abstrak Minimarket adalah sebuah toko yang mengisi kebutuhan masyarakat akan warung yang berformat modern yang dekat dengan permukiman penduduk sehingga dapat mengungguli toko atau warung. Salah satu minimarket yang ada di Tana Toraja yaitu Sejahtera Mart Makale yang telah berdiri sejak tahun 2016. Sejahtera Mart Makale dapat menghasilkan ratusan transaksi setiap bulannya, dengan memanfaatkan data transaksi yang banyak ini pihak manajemen dapat mengetahui kebiasaan pelanggan atau perilaku pelanggan mengenai produk apa saja yang sering dibeli secara bersamaan. Cara mengetahui barang barang yang sering dibeli secara bersamaan ialah dengan menggunakan aturan asosiasi, yaitu sebuah teknik data mining untuk menemukan suatu kombinasi item. Hasil penelitian ini berupa aplikasi untuk menganalisa pola belanja yang mana pola yang dihasilkan dapat dijadikan rekomendasi dalam menentukan strategi penjualan serta penempatan barang. Kata Kunci : Aturan Asosiasi, Apriori, Data Mining |