JudulIMPLEMENTASI METODE CERTAINTY FACTOR DALAM MENGIDENTIFIKASI MASALAH PADA SISWA SMA (STUDI KASUS: SMA NEGERI 1 PALU) |
Nama: EMIL HARDIANSYAH |
Tahun: 2021 |
Abstrak Dalam layanan bimbingan dan konseling kadangkala siswa merasa ragu atau malu untuk berkonsultasi dengan guru Bimbingan dan Konseling, Karena tidak ingin dicap sebagai siswa bermasalah oleh teman sebaya. Hal inilah yang menjadi penyebab guru Bimbingan dan Konseling tidak tahu tentang permasalahan yang dialami oleh siswa tersebut sehingga sulit untuk memprediksi layanan bimbingan dan konseling yang akan diberikan kepada siswa. Untuk mempermudah mengidentifikasi permasalahan yang dialami siswa, maka dibutuhkan sebuah sistem yang dapat mewakili seorang pakar yang memiliki basis pengetahuan dan pengalaman tentang bimbingan dan konseling. Untuk menghasilkan suatu sistem yang mampu mengidentifikasi bidang masalah siswa SMA dengan memanfaatkan sistem pakar menggunakan metode Certainty Factor. Berdasarkan pengujian menggunakan 30 data siswa didapatkan hasil akurasi sebesar 80.00%. |