JudulIMPLEMENTASI ALGORITMA C4.5 DALAM MENENTUKAN JURUSAN PADA SISWA (STUDI KASUS : SMA NEGERI 1 AMPIBABO) |
Nama: MOH. SAFARI RASYID RIDHA |
Tahun: 2023 |
Abstrak Disekolah khususnya sekolah menengah atas (SMA) merupakan sekolah dengan tingkat dimana siswa wajib untuk memilih jurusan yang sudah ditentukan oleh pihak sekolah, yang bertujuan untuk mengarahkan siswa agar lebih fokus mengembangkan kemampuan. Dimana dengan penjurusan yang sesuai siswa dapat memaksimalkan nilai akademiknya. Penentuan jurusan akan berdampak terhadap kegiatan akademik selanjutnya dan mempengaruhi pemilihan bidang ilmu bagi siswa yang ingin melanjutkan ke perguruan tinggi nantinya. Peraturan penjurusan sudah diatur didalam Peraturan Pemerintah (PP) nomor 17 tahun 2010 tentang pengelolaan dan penyelenggaraan pendidikan. Dalam peraturan tersebut sekolah mempunyai peraturan khusus yang digunakan sebagai pedoman penjurusan seperti halnya penatapan ketuntasan minimal. Oleh karena itu system penjurusan pada siswa menggunakan Bahasa pemrograman PHP dengan menerapkan Algorima C4.5 dapat secara Efektif dan Efisien dalam mengklasifikasikan jurusan pada siswa Dari hasil uji coba menggunakan 523 data latih, menghasilkan pola yang di ujikan terhadap 20 data uji dengan metode pegujian menggunakan confusion matrix multiclass didapatkan hasil recall sebesar 81,5%, Presis sebesar 84,5%, error rate sebesar 20?n akurasi kecocokan sebesar 80% Kata kunci : Klasifikasi, C4.5, SMA, Penjurusan, Siswa |