JudulSISTEM PENERAPAN ALGORITMA HASH BASED TERHADAP STRATEGI PENJUALAN PRODUK (STUDI KASUS: BUMI NYIUR SWALAYAN (BNS) PALU) |
Nama: FARHATUSHALIHAH |
Tahun: 2023 |
Abstrak Tingkat persaingan antar perusahaan pada saat ini semakin meningkat, dimana semua proses dituntut untuk dilaksanakan dengan cepat, efisien, dan tanpa kesalahan. Untuk dapat bersaing di dunia bisnis ini dibutuhkan peningkatan kemampuan didalam pemanfaatan teknologi informasi yang semakin canggih. Salah satunya Bumi Nyiur Swalayan atau yang biasa disebut BNS ini tentu tidak lepas dari usaha-usaha dan cara-cara perdangangan khusus agar membuat konsumen tertarik atau betah berbelanja di swalayan tersebut. Dengan strategi yang baik dan pas maka diharapkan tidak akan terjadi impulse buying dimana konsumen melakukan pembelian atas kategori produk yang tidak direncanakan sebelumnya dengan meletakkan jenis item yang saling berhubungan pada satu area berdekatan. Dalam penelitian ini akan dibuat menggunakan Algoritma Hash Based yang mana merupakan pengembangan dari Algoritma Apriori yang digunakan dalam menentukan rule-rule asosiasi, dengan pola “ If- Then “ Teknik yang digunakan dalam Algoritma Hash Based adalah teknik hashing. Teknik ini berfungsi untuk melakukan penyaringan (filtering) terhadap C2. Adapun hasil penelitian ini untuk memperoleh aturan asosiasi dengan mengunakan lift ratio. Aturan asosiasi dapat dibenarkan validitasnya dengan mempunyai nilai lift ratio lebih dari 1.00. Semua rule yang dihasilkan pada penelitian ini memiliki nilai lift ratio lebih dari 1.00 sehingga dapat digunakan sebagai acuan terhadap strategi penjualan produk. Kata Kunci : Sistem Asosiasi, Hash Based, Lift Ratio, Swalayan |