JudulImplementasi Algoritma K-Means Dalam Penentuan Minat Bakat Siswa Baru Pada Pondok Pesantren Modern Al-Istiqamah Ngatabaru |
Nama: SAFFANAH DIANA |
Tahun: 2021 |
Abstrak Peran pendidikan dalam menangani anak berbakat diluar pendidikan formal yaitu dengan menyediakan fasilitas pendidikan ekstrakurikuler di tiap sekolah. Namun penentuan pemilihan ekstrakurikuler diserahkan sepenuhnya pada siswa tanpa ada campur tangan guru maupun orang tua. Hal ini memperbesar kemungkinan ketidakcocokan ekstrakurikuler yang siswa pilih karena pada umumnya siswa akan memilih ekstrakurikuler berdasarkan mayoritas keinginan temannya. Penelitian ini bertujuan untuk membuat suatu sistem klasterisasi minat bakat siswa baru yang dapat mengelompokkan siswa baru berdasarkan nilai ujian tulis dan nilai ujian lisan siswa baru dengan menerapkan algoritma K-Means. Penelitian ini dilakukan di Pondok Pesantren Modern Al-Istiqamah Ngatabaru. Pada penelitian ini menggunakan data sebanyak 415 data. Algoritma yang digunakan yaitu Algoritma K-Means yang merupakan suatu metode penganalisaan data yang dapat melakukan pengelompokan data minat bakat. K-Means dalam pengelompokan data sangat efisien dan tidak membutuhkan waktu yang lama, akurasi yang didapatkan dari hasil pengujian sebesar 74.46808511%. Adapun hasil dari penelitian ini akan diumpamakan bahwa C1 merupakan kelompok dari Sangat Minat, C2 merupakan kelompok Minat dan C3 merupakan kelompok Kurang Minat. Kata Kunci : Sistem Klasterisasi, K-Means, Minat Bakat, Siswa Baru. |