JudulSISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN KEPUASAN PELANGGAN TERHADAP PELAYANAN MENGGUNAKAN METODE SERVICE QUALITY DAN AHP ( STUDI KASUS PADA SAMSAT KOTA PALU ) |
Nama: MUHAMMAD GIFARI SUNDU |
Tahun: 2020 |
Abstrak Kepuasan pelanggan, merupakan salah satu aspek yang perlu diperhatikan untuk mengukur kualitas pelayanan yang telah diberikan, karena perusahaan / instansi yang memiliki pelayanan yang buruk dan gagal meningkatkan kualitas pelayanannya akan menjadi sebuah permasalahan. Seringkali seorang pelanggan yang tidak puas terhadap pelayanan yang diberikan oleh suatu perusahaan / instansi akan menceritakan pengalamannya kepada orang lain, dan tentunya ini merupakan sebuah mimpi buruk bagi sebuah perusahaan / instansi karena akan sangat berdampak kedepannya terutama bagi sebuah instansi pemerintah. Penelitian ini bertujuan untuk menerapkan metode Service Quality dan AHP pada Sistem pendukung keputusan kepuasan pelanggan terhadap pelayanan berbasis desktop. Penelitian ini dilakukan di kantor SAMSAT Kota Palu. Rumusan masalah pada penelitian ini adalah bagaiamana membangun sistem yang dapat membantu pihak SAMSAT untuk mencari kepuasan pelanggan terhadap pelayanan dan bagaimana memanfaatkan metode SERVQUAL dan AHP untuk mencari hasil perankingan pelayanan yang telah diberikan. Hasil dari penelitian ini adalah dari 50 data responden berdasarkan pertanyaan yang telah diajukan berhasil dilakukan perangkingan dengan menggunakan metode Service Quality dan AHP. Sehingga dapat disimpulkan bahwa metode Service Quality dan AHP dapat diimplementasikan pada penilaian kepuasan pelanggan. |