JudulSISTEM PENILAIAN KEPATUHAN STANDAR PELAYANAN PUBLIK MENGGUNAKAN METODE SIMPLE MULTI ATTRIBUTE RATING TECHNIQUE (SMART) BERBASIS WEBSITE (STUDI KASUS : OMBUDSMAN PROVINSI SULAWESI TENGAH) |
Nama: FAJRUL AGUNG PUTRA |
Tahun: 2022 |
Abstrak Pelayanan publik adalah kegiatan atau rangkaian kegiatan dalam rangka pemenuhan kebutuhan pelayanan sesuai dengan peraturan perundang-undangan bagi setiap warga negara dan penduduk atas barang, jasa, dan/atau pelayanan administratif yang disediakan oleh penyelenggara pelayanan publik. Ombudsman sebagai lembaga negara yang mempunyai wewenang mengawasi dan menilai standar kepatuhan penyelenggaraan pelayanan publik, baik yang diselenggarakan oleh negara, termasuk yang diselenggarakan oleh badan usaha milik negara, badan usaha milik daerah, dan badan hukum milik negara serta badan swasta. Namun penilaian yang dilakukan oleh Ombusdman dirasa masih kurang efektif dan efisien dikarenakan penilaian yang masih dikerjakan secara manual, waktu yang tidak sebentar, pemborosan sumber daya, yang menyebabkan ketepatan penilaian pelayanan publik pada suatu instansi menjadi kurang akurat dan optimal. Maka dari itu diperlukan sebuah sistem yang dapat menyelesaikan permasalahan tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan suatu sistem penilaian kepatuhan standar pelayanan publik menggunakan metode Simple Multi Attribute Rating Technique (SMART). Dengan total data yang digunakan adalah 81 data hasil penilaian kapatuhan standar pelayanan publik. Berdasarkan hasil pengujian sistem, diperoleh tingkat akurasi sistem sebesar 96%. Kata kunci: Simple Multi Attribute Rating Technique (SMART), Sistem Penilaian, Kepatuhan Standar Pelayanan Publik |