JudulIMPLEMENTASI DATA MINING DENGAN ALGORITMA APRIORI UNTUK REKOMENDASI PENJUALAN BUNDLING BARANG (STUDI KASUS: ALFAMIDI SISINGAMANGARAJA) |
Nama: MUH. FACHRIL USMANI |
Tahun: 2021 |
Abstrak Objek dari Penelitian adalah gerai Alfamidi Sisingamaraja yang memiliki masalah cukup signifikan terhadap penjualan barang-barang yang tidak merata dan merupakan salah satu tempat perbelanjaan yang sering dikunjungi di Kota Palu. Tujuan dari Penelitian ini yaitu untuk dapat membantu mengatasi perputaran penjualan barang yang lambat untuk mengurangi penumpukan barang pada gudang dengan cara yang lebih efisien dengan melihat pola pembelian konsumen dengan menggunakan Algoritma Apriori. Algoritma Apriori yaitu algoritma untuk menemukan pola frekuensi tinggi dalam proses untuk rekomendasi penjualan bundling barang. Pada penelitian ini menggunakan data training sebanyak 500 data dan menjadikan data training tersebut menjadi data testing. Jika nilai support yang diinputkan oleh admin semakin kecil maka aturan yang dihasilkan semakin banyak dan memerlukan waktu yang lumayan lama, sebaliknya jika nilai support semakin besar maka aturan yang dihasilkan berkurang dan waktu yang diperlukan untuk memproses tidak terlalu lama. Kata Kunci : Apriori, Data Mining, Bundling Barang |