JudulPENERAPAN DATA MINING PADA DATA TRANSAKSI PENJUALAN BARANG MENGGUNAKAN ALGORITMA APRIORI (STUDI KASUS TOKO PALU MAKEUP) |
Nama: NI LUH WIDIANTARI |
Tahun: 2020 |
Abstrak Seiring semakin banyaknya ketersediaan data dari hasil aktifitas manusia yang dibantu teknologi informasi, maka diperlukan suatu sistem untuk dapat menghasilkan informasi dan pengetahuan. Teknik data mining memungkinkan untuk menghasilkan pengetahuan dari tumpukan data tersebut yang selama ini tidak dapat diketahui secara manual. Salah satu data yang setiap hari terus bertambah adalah data transaksi penjualan suatu toko makeup. Dengan melakukan data mining pada data transaksi penjualan tersebut diharapkan dapat menghasilkan pengetahuan mengenai pola penjualan. Dalam sehari Toko Palu Makeup dapat melakukan puluhan atau ratusan transaksi penjualan dan menghasilkan data transaksi penjualan yang mengakibatkan semakin bertambah setiap harinya, oleh karena itu, penelitian ini akan menerapkan Algoritma Apriori pada bidang pola transaksi penjualan barang. Selain itu penggunaan Association Rule agar dapat menemukan pola berupa barang-barang yang sering dibeli secara bersamaan dalam sebuah transaksi. Proses asosiasi menggunakan algoritma apriori menghasilkan aturan asosiasi keterkaitan yang kuat antar itemset sehingga bisa memberi rekomendasi penyetokan barang dan mempermudah dalam penataan atau penempatan barang. Kata Kunci : data mining, aturan asosiasi, algoritma apriori, data transaksi |